radarcom.id – Guna menumbuhkan bakat entrepreneur pada siswanya, SD Muhammadiyah Pringsewu setiap bulannya rutin menggelar “Market Day”.

Market day di SD Muhammadiyah Pringsewu dilaksanakan setiap Minggu ke empat, dengan melibatkan siswa/siswi kelas 4,5 dan 6.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pringsewu, Dra. Hj. Sri Eliana mengatakan, SD Muhammadiyah Pringsewu selain menanamkan iman dan taqwa kepada para siswanya, juga mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur melalui market day.

“Supaya anak-anak itu belajar berwirausaha, selain berada di sekolah yang bernafaskan dengan iman dan taqwa, anak-anak mampu mandiri nantinya dengan wirausaha itu serta untuk mendapatkan hasil karena persaingan ketat di era sekarang. Makanya anak harus mendapatkan bekal berwirausaha, ujarnya, Jumat (24/1/2020).

Beragam jenis makanan sehat yang anak-anak jual, ada jenis makanan, minuman sehat yang dibuat tanpa bahan pengawet sehingga higienis dan aman dikonsumsi.

“Pokoknya kami membebaskan anak-anak mau jualan apa saja. Yang penting sehat dan tanpa bahan pengawet. Untuk kisaran harga paling mahal 5000 rupiah yang dijual,” jelasnya.

Syarah Najlaa Syahaznani, salah satu anak kelas 4 Shofa yang berjualan pada market day mengatakan sangat menyukai kegiatan seperti ini.

“Iya karena jualan kayak gini, selain aku bisa belajar berdagang, aku juga mendapat keuntungan dari hasil jualan aku ini. Jadi bisa menambah uang jajan aku,” kata dia.

Untuk diketahui, SD Muhammadiyah Pringsewu yang memiliki 965 siswa/siswi ini setiap hari Jumat memang memiliki program yang berikan untuk siswa-siswi nya setiap hari Jumat.

Pada Minggu pertama, ada Jumat Kuliner. Para siswa-siswi membawa bekal sehat degan sayuran hijau ke sekolah. Kemudian di Jumat kedua ada Jumat sehat, para siswa-siswi melakukan senam ceria dan juga jalan sehat.

Jumat ketiga ada Jumat Religi, anak-anak menampilkan tausiyah pembiasaan pembacaan Al Qur’an. Kemudian di Jumat keempat adalah Jumat Market Day. (hin/rci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *